Khasiat Kayu Secang

Beberapa hari yang lalu saya mengikuti sebuah status di Facebook, tentang penggunaan kayu secang sebagai minuman. Berhubung saya itu suka mencoba dan rasa pengin tahu saya agak lumayan, akhirnya saya berusaha untuk mengetahui lebih tentang kayu secang ini. Kayu secang ini ternyata salah satu tumbuhan yang dikramatkan, maksud kata kramat adalah sesuatu yang di buatkan mistis tertentu untuk menjaga popularitasnya supaya tidak punah. Berarti dibalik kekramatan tadi menyimpan beberapa rahasia yang perlu di pelajari.

Pohon secang kalau di dunia pedalangan, pohonya digunakan sebagai gapit (penjepit boneka wayang), namun ketenaran gapit secang ini kalah dengan hadirnya gapit dari tanduk kerbau, yang secara nilai estetisnya lebih menarik dan lebih mudah di luk sesuai dengan kebutuhan boneka wayang. Kulit pohon secang dan kayunya biasanya juga digunakan untuk mandi, mungkin ada unsur tertentu yang bagus untuk kulit. Lebih lanjut penjelasan Pak Joko dari Rembang, menyatakan bahwa ada pabrik jamu tradisional yang selalu membutuhkan kayu secang untuk kepentingan produksi jamunya. Saya kurang mendapat informasi tentang produk jamu tersebut.

Kang Dedi Sutanto dari Sleman Yogyakarta menjelaskan bahwa lebih enak minumnya wedang galih secang ini menggunakan gelas yang terbuat dari bambu. Pikiran saya, mungkin ada senyawa dari unsur bambu yang bisa kawin dan sinkron dengan galih secang sehingga mampu menghadirkan zat tertentu yang dibutuhkan tubuh kita. Adapun cara buatnya cukup celupkan batang galih kayu secang tersebut kedalam air yang telah dituangkan di dalam bambu tersebut.

Daripada menunggu lama, akhirnya saya memutuskan untuk meminta bantuan teman, yaitu Pak Joko dan Mas Catur dari Rembang, kebetulan rumahnya dekat dengan hutan, jadi bisa minta tolong untuk mencarikan galih kayu secang. Selang beberapa hari saya sudah dapat kayu tersebut dari kedua belah pihak, lumayan buat persediaan dan minuman sehari-hari sebagai pengganti teh. Tinggal cari bambu petung yang digunakan untuk menyeduh wedang kayu galih secang.

Untuk menguatkan lagi tentang khasiat kayu secang ini, akhirnya saya juga melakukan browsing di enternet. Ada beberapa sumber yang telah menulisnya. Tenang saya juga akan tulis semua khasiat kayu secang tersebut. Adapun khasiat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Antioksidan
2. Meningkatkan Efektifitas penyerapan Vitamin C
3. Antibiotik alami
4. Menghentikan perdarahan
5. Menyehatkan dinding usus
6. Anti nyeri
7. Mengobati diabetes tipe II
8. Kanker prostat
9. Menurunkan resiko serangan jantung
10. Menangkal radikal bebas
11. Anti Bakteri
12. Sakit Perut
13. Anti Jamur
14. Anti inflamasi
15. Meningkatkan kekebalan tubuh
16. Mengatasi obesitas
17. Kanker usus besar
18. Menurunkan tekanan darah
19. Menghangatkan tubuh
20. Mengobati masuk angin
21. Meningkatkan stamina
22. Obat Mag Kronis
23. Mencegah Tumor
24. Mengatasi TBC
25. Obat Sifilis

Ilustrasi foto diambil dari Google dengan kata kunci Manfaat Kayu Secang.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk Gabung

Total Pengunjung

Penunjung